Apr 23, 2013

SIR WILLIAM LAWRENCE BRAGG

SIR WILLIAM LAWRENCE BRAGG(1890-1971)


SIR WILLIAM LAWRENCE BRAGG(1890-1971)




Sir William Lawrence Bragg adalah ahli fisika inggris ,menemukan hukum Bragg (1912), kristalografer sinar-X (ahli analisis Kristal dengan menggunakan sinar-X). Hukum Bragg sangat penting untuk menentukan struktur kristal. Bersama dengan Sir William Hendry Bragg, ayahnya,ia mendapat Hadiah  Nobel untuk fisika pada tahun 1915.
Lawrence Bragg lahir di Adelaide, Australia Selatan, pada tanggal 31 Maret 1890 dan meninggal di Ipswitch,Inggris,pada tanggal 1 juli 1971 pada umur 81 tahun.Ayahnya bernama Sir William Hendry Bragg.lawrence Bragg lahir ketika ayahnya sedang memberikuliah diUniversitas Andelaide.Sejak kecil Lawrence Bragg belajar fisika dan matematika.Pada umur 15 tahun ia sudah masuk universitas Adelaide.Pada umur 18 tahun ia mendapat gelar doctor. Kemudian ia pergi ke Inggris dan masuk Trinity College,Cambridge. Disini ia memperdalam pengetahuannya ten-tang fisika.
Pada tahun 1912 ketika Lawrence Bragg berumur 22 tahun,Max von Laue,ahli fisika jerman, menemukan bahwa kristal membelokkan sinar-X. dengan Penemuannya itu Laue menunjukkan bahwa sinar-X adalah sinar elektromaknet serupa dengan sinar biasa.Pada tahun itu juga selama musim panas Lawrence Bragg berlibur ke Australia dan bertemu dengan ayahnya. Ayahnya meragukan penemuan Laue yang mengatakan bahwa sinar-X adalah sinar elektromaknet. Tapi Lawrence dengan giatnya mengadakan penelitian. Dari hasil penelitiannya ia menemukan dua hal. Pertama:memang benar bahwa sinar Xadalah sinar elektromaknet.  Kedua:ia menemukan persamaan Bragg atau hukum Bragg. Pada tahun 1914-1918 meletus perang dunia 1. Dari tahun 1915 sampai tahun 1919 Lawrence Bragg jadi penasihat militer dibidang penebakan bunyi.Ia diminta menebak (menentukan)jarak meriam musuh dari bunyi tembakan meriam musuh. Sesudah perang selesai ia diangkat jadi guru besar di Universitas Viktoria di Mancheter menggantikan Ernest Rutherford. Dua tahun kemudian pada umur 31 tahun, ia menikah dengan Alice Hopkinson, putrid seorang dokter.dan mendapat dua orang putri.

No comments:

Post a Comment