Jan 12, 2013

HOWARD HATHAAWAY AIKEN 1900-1973

2. HOWARD HATHAAWAY AIKEN (1900-1973)

Howard Hathaway Aiken adalah ahli matematika,warga negara Amerika Serikat, dan penemu komputer digital. Komputer itu ia beri nama Harvard Mark 1. Ia banyak menulis di majalah-majalah ilmiah mengenai elektronika, teori saklar, dan pemrosesan data.
Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat, pada tanggal 9 maret 1900 dan meninggl di St. Louis, Missouri, Amerik Serikat, pada tanggal 14 maret 1973 pada umur 73 tahun. Ia perna kuliah di Universitas Wisconsindan menyelesaikan tingkat doktoralnya di Univversitas Harvard pada tahun 1939, kemudian bekerja untuk angatan laut Amerika Serikat di bagian artileri (pasukan meriam).
Aiken menemukan komputer pada tahun 1944. Ia mulai mengerjakannyabersama 3 orang insinyur lainnya (Durfee, Hamilton, dan Lake) pada tahun 1939. Komputer adalah mesin hitung elektronik dan otomatis, yang dapat menghitung dangan cermat dan cepat sekali, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan hubungannya dengan hasil sebelumnya. Komputer ini ia beri nama Mark dan digunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat untuk membuat perhitungan yang sangat teliti dan cepat, bila ia ingin menembakkan meriam, menghancurkan roket, atau membuat rencana-rancana bangunan yang rumit.
Tinggi kompuet itu 2,4 meter, penjangnya 15,3 meter; beratnya 35 ton, berisi kabel sepanjang 800 kilometer dan sambungan sebanyak 3.000.000 buah. perintah dan pertanyaan di sampaikan kepada komputer dengan menggunakan pita keras yang berlubang-lubang. Lubang-lubang itu adalah kode pertanyaan. kemudian komputer menjawab dengan piita keras berlubang juga atau langsung kertas yang ttelah diketik dengan mesin ketik listrik. Tiga tahun kemudian Aiken mark II (1947) yang lebih sempurna. Ia mendapat penghormatan dari berbagai negara antara lain belgia, Belanda, Jerman, dan Prancis.

No comments:

Post a Comment