Jan 12, 2013

GEORGIUS AGRAICOLA 1494-1555

1.  GEORGIUS AGRAICOLA (1494-1555)

Ia merupakan orang pertama yang melakukan penelitian secara sangat mendalam pada ilmu pertambangan dan batu - batuan. Sesungguhnya ia seorang dokter, namun buku - buku yang ditulisnya tentang pertambangan  sangat berpengaruh.

GEORGIUS AGRAICOLA  lahir dengan nama Georg Bauer di Glachau, di perbukitan Erzgebige jerman. Ia belajar dibeberapa sekolah di Glachau, Zwichau, dan Magdeburg.

Ayahnya seorang tukang celup dan pedagang barang - barang wol. Georg baru bisa masuk keperguruan tinggi saat ia berumur 20 tahun. Ia lulus dari Universitas Leipsig pada tahun 1515 dan melanjudkan kerja di universitas itu dengan mengajar dasar - dasar bahasa yunani. Ia kemudian mengganti namanya dari Bauer (petani) menjadi Agricola yang berarti petani dalam bahasa latin.

Demi meneruskan pendidikannya, ke Italia. Disana ia mempelajari karya - karya klasik dibidang  kedokteran dan fisafat. Setelah menyelesaikan pendidikan di Italia, ia kemudian kembali ke Jerman sebagai seorang dokter dan menjadi ahli medis di Joachimstahl, yang sekran bernama Jachyrnov, yang berada di wilaya Cekolosvakia. 

Penduduk Joachimstahl pada saat itu berjumlah 10.000 orang dan hampir seluruhnya adalah pekerja tambang dan pengolah bijih perak. Kebayakan dari mereka terkena penyakit yang menular dan sangat merajalalelah. Ia kemudian berkunjung ke tambang - tambang dan ketempat pengolahan biji perak yang penuh dengan asap. Di sana ia dapat cepat menguasai ilmu medis dan cara mengobati penyakit yang di derita oleh para pekerja tambang tersebut.

Kehidupan di Joachimstahl begitu melelahkan hingga akhirnya Ia kembali ke Chemnitz, yang juga merupakan daerah pertambang namun agak sepih. Disini pengetahuannya tetentang pertambangan digunakannya dengan sungguh - sungguh dan dengan membeli saham - saham pertambangan yang menurut perhitungannya memberi keuntungan yang akhirnya membuat dia menjadi salah satu dari 12 orang terkaya di kota itu.

Karena kepintarannya ia terpilih sebagai pajabat ahli sejarah. Tetapi sebagai seorang ilmuwan ia lebih bersifat objektif dari pada mengikuti kehendak para penguasa. Ia malah menyikap bebagai kesalahn para penguasa yang memerintah sebelumnya. Ini membuat dia tidak disukai oleh para penguasa, sehingga buku - buku karangannya tidak bisa terbit. Empat abad kemudian yaitu pada tahun 1963 barulah buku - buku karangannya bisa diterbitkan.

Kepintaran Agricola sangat menonjol dibidang pertambangan dan geologi. Karyanya yang terpenting adalah De RecMetalica  yang secara sangat teliti menerangkan teknik - teknik pertambangan di jamannya. Karyanya ini terbit dalam 12 jilid ditahun 1556 setahun setelah ia meninggal.

Isinya bukan hanya apa yang diteliti, tetapi juga berbagai usulan tentang logam serta batu - batuan. Ia memberikan keterangan yang sangat jelas akan pentingnya pengikisan dalam logam geologi dan asal - usul batu - batuan.

Penghormatan orang pada Agricola telah terjadi saat ia masih hidup. Ini terbukti dari kenyataan bahwa walaupun ia seorang katoli, sedangkan kota yang didiaminya berpenduduk protestan yang fanatik, ia terpilih menjadi walikota untuk beberapa kali.

Dijaman itu teknik - teknik industri dianggap rahasia perusahaan yang dijaga ketat. Tetap Agricola berpendapat bahwa semua proses dan pembaharuan haruslah diterbitkan dan disebarluaskan. Untuk itu ia menulis karya - karyanya dalam bahasa lati . Tetapi De Re Metalica langsung diterjemahkan orang kebahasa Jerman dan Italia. Satu abad kemudian seorang ahli filsafat Ingris, Robert Boyle, menamakan Agricola sebagai "pengarang paling klasik tentang pertambangan" dan karya - karya Agricola menjadi buku pedoman utama selam lebih dari dua abad





















No comments:

Post a Comment