Apr 23, 2013

JOHN LOGIE BAIRD (1888-1946)

JOHN LOGIE BAIRD(1888-1946)

JOHN LOGIE BAIRD(1888-1946)

John logie baird adalah seorang pertama yang melakukan penelitian tentang televise. Dia anak seorang pendeta, lahir di Helensburgh, dekat Glasgow, Inggris tanggal 13 agustus 1888. Pada awalnya ia bekerja sebagai magang ahli teknik di sebuah pabrik di Glosgow dan belajar di universitas Glasgow serta akademi teknik kerajaan (sekarang Universitas strachclyde).
Baird sakit-sakitan terus sehingga ditolak dari dinas militer di tahun 1914. Ia kemudian meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang ahli listrik dan memutuskan sebagai seorang penemu. Di tahun 1923,karena kehabisan tenaga oleh berbagai kegiatannya serta diperintahkan beristrahat oleh dokter,ia memusatkan penelitiannya pada cara untuk mengirim gambar dengan menggunakan gelombang radio. Di tahun itu ia berhasil menciptakan suatu peralatan yang sangat sederhana, menggunakan piringan scanning yang mempunyai banyak lubang-lubang.melalui piringan tersebut bayangan suatu gambar direkam dan dipindahkan kelayar. Tahun berikutnya, di sebuah ruang kerja kecil di Hastings,ia mendemonstrasikan televise yang pertama. Dan di tahun1925, dengan modal $ 500 ia mendirikan perusahaan dengan nama television limited. Ia menghubungi perisahaan Marconi untuk bekerja sama mengembangkan idenya. Tetapi mereka menolak karena tak berminat mengembangkan televise.
Di tahun 1926 Baird memperoleh jalan keluar.BBC (British Broadcasting Corporation) setuju untuk memancarkan gambar dari stasiunnya kesuatu alat penerima dan ini adalah pemancaran gambar televise tanpa hubungan kabel yang pertama. Di tahun1927 Perusahaan pengembangan televise Baird dibentuk,dan tahun 1928 pemancar televise gelombang pendek di operasikan dari London menuju New York.
Setahun sebelumnya di Glasgow Baird telah mendemonstrasikan pesawat televisi berwarna yang pertama.
Jelas bagi semua pihak bahwa suksesnya proyek televisi ini menemukan kerjasama dengan BBC dan beberapa percobaan direncanakan bersama.Siaran umum pertama dibuat pada tanggal 30 september 1929, dimana Sir Ambrose Fleming,penemu tabung hampa radio,berpidato.saat itu sudah terdapat kurang dari 30 buah pesawat penerima televise.
Ditahun 1926  JOHN LOGIE BAIRD memperoleh jalan keluar. BBC (British Broadcasting corporation) setuju untuk memancarakan stasiunnya kesuatu alat penerima dan ini adalah pemancaran gambar televise tanpa hubungan kabela yang pertama. Ditahun 1927 perusahaan pengembangan televise  Baird dibentuk, dan tahun 1928 pemancar televise gelombang pendek dioperasikan dari London menuju New York.
Setahun sebelumnya di Glasgow Baird telah mendemonstrasikan pesawat televise berwarna yang pertama.
Jelas bagi semua pihak bahwa suksesnya proyek televise memerlukan kerjasama BBC dan beberapa percobaan direncanakan bersama. Siaran umum pertama dibuat pada tanggala 30 september 1929. Diaman Sir Ambrose Fleming, penemu tabung hampa radio, berpidato. Saat itu telah terdapat kurang dari 30 buah pesawat penerima televise. Dan ketika berita penemuan tersebut tersebat sementara rangkaian siaran percobaan juga terus berjalan, perusahaan Baird mulai menerima pesanan samapai jumlah ribuan. Pada tanggal 14 juli 1930 drama televise yang pertama disiarkan. Tak lama setelah itu penonton di teater metropole, London  dapat menikmati suatu siaran langsung yang dipancarkan dari Studio Baird pada suatu layar yang sangat besar.

Diwaktu itu, perusahan Marconi EM, bekerja sama dengan Rodio Corportion  dari Amerika, berhasil memproduksi pesawat penerima sinar katode. Yang mengawali pesawat – pesawat televise modern.  Produksi mereka merupakan tantangan berat bagi Baird yang masih menggunakan sistim scanning mekanik. Baird sendiri merasa bahwa sistim tabung sinar katode samasekali tidak praktis. Ia berusaha menciptakan sesuatu yang  “pertama” lagi. Atas dasar itu berhasil pula menyiarkan secara langsung pacuan kuda Derby di tahun 1931 dan 1932. Siaran kedua ditonton oleh skitar 50000 orang di teater Metropole London pada layar lebar yang disempurnakan lagi. Koran – Koran menyebutkan sebagai “bukti yang sangat menakjubkan tentang kemungkinan berkembangnya pesawat televisi”. Di tahun 1934 datang berita buruk; BBC memutuskan untuk memakai sistim Marconi EMI. Keputusan ini tak pernah dapat dimanfaatkan oleh Baird.
Baird meninggal di Bexhil tanggal 14 juni 1946, saat sedang meneliti kemungkinan tentang televise berwarna dengan tampilan 3 dimensi. Walaupun system scanning yang diciptakan telah ditinggalkan orang bahkan semasa ia msih hidup system ini kemudian akan diteruskan oleh Peter Goldmark untuk system televise warnanya.

No comments:

Post a Comment