Apr 23, 2013

ROGER BACON (1220-1292)

ROGER BACON

 
ROGER BACON (1220-1292)

Roger Bacon,ahli filsafat dan ilmuwan,lahir di Ilchester,Somerset Inggris.Ia belajar mula-mula di oxford London dan kemudian di Paris.Karena gigih dan jerdas ia dapatmempelajari 4 cabang ilmu pengetahuan sekaligus:ilmu ukur, ilmu hitung, ilmu music dan ilmu bintang.

Di Paris,pada tahun 1237, ia menjadi guru besar,mengajarkan dasar-dasar kesenian dan ilmu pengetahuan. Saat itu buah pikiran Aristoteles dilarang oleh pejabat Perancis karena alasan keagamaan.Tetapi larangan tersebut dihapuskan ditahun 1240.Dan Bacon kemudian jadi salah satu orang pertama yang mengajarkan karya-karya filsafat Aristoteles tersebut.Ia sangat terkesan pada buku Rahasia dari Rahasia,yang dianggap orang sebagai pelajaran untuk menjadi raja yang baik yang ditulis Aristoteles untuk Iskandar yang Agung.Diilhami oleh karya ini,Bacon merencanakan suatu tata cara ilmu pengetahuan yang masih diluar jangkauan pemikiran akademis di jamannya. Ditahun 1247ia mengambil langka yang sangat menentukan, kembali ke Oxford untuk mempelajari karya-karya Robert Grossetteste, seorang ahli fisika (1175-1253) dari Ordo Fransiskus yang juga merupakan ahli matematika. Dua puluh tahun berikutnya ia mempelajari beberapa ilmu bahasa ,matematika,Opfika.Alkemi dan ilmu bintang.Ia juga mendidik para pembantunya dalam pekerjaannya dan bersahabat dengan para cendikiawan.Dihabiskannya uang £ 2.000 untuk membeli berbagai peralatan yang canggih untuk lebih menunjang penelitian dan praktek kerjanya.

Di tahun 1257 ia memasukkan Ordo Fransiskus, yang mewarisi seluruh isi perpustakaan milik Grossetteste. Tetapi setelah itu Bason tak begitu beruntung.Penelitiannya terhambat karena keterbatasan peralatan, ia tak bias bergaul dengan para penyelidik lainnya dan tidak pilu dengan rekan-rekannya. Akhirnya ia dipulangkan ke Paris serta dilarang menerbitkan karya apapun.

Pada tahun 1266, Paus Clement IV meminta pada Bacon untuk menuliskan secara rahasia ensiklopedia ilmu-ilmu karyanya.Ini merupakan suatu proyek raksasa yang sudah lama diimpikan Bacon. Dengan harapan memperoleh dana untuk menerbitkan karyanya itu, ia bekerja keras dan berhasil menyelesaikan tiga jilit pertama dalam waktu hanya delapan belas bulan.Sayang sekali pemesanannya meninggal sebelum buku ketiga sampai ditangannya.Ini membuat Bacon putus harapan untuk menerbitkan ensiklopedia yang lengkap, sesuatu yang diharapkannya bias menggalakkan pelajaran ilmiah di universitas-universitas serta menarik minat ilmuwan untuk mengadakan berbagai penelitian.

Sekarang bacon terkenal sebagai pembaharu di bidang percobaan ilmiah.Bukan sebagai pencipta karya-karya yang berbobot serta asli.begitu maju pemikirannya hingga saat itupun ia telah menyatakan bahwa cahaya begerak dengan pulsa dan tidaklah secara serta merta. Ia juga mengadakan penelitian penting tentang cara kerja mata, mengadakan berbagai penelitian dengan cermin dan lensa. Hasilnya, adalah ia bisa mengemukakan teori tentang teleskop satupun. Perhatian Bacon meluas kepembaharuan dibidang mekanika.Ia menyatakan kemungkinan adanya kapal dan kendaraan bermesin.dan bahkan juga pesawat terbang.

Sayang sekali sifat eksentriknya membuat pemikiran-pemikiran hebat tadi tidak mendapat perhatian seperti layaknya.

No comments:

Post a Comment