Jan 29, 2013

Charles Babbage

Charles Babbage
Charles Babbage (1791 - 1871)

Charles Babbage dilahirkan di Totnes, Devon, Inggris. Ia putra seorang yang kaya raya. Setelah belajar pada guru - guru pribadi, ia memasuki Trinity Collage, Cambridge, di tahun 1810. Di jaman itu, pelajaran matematika terutama berisi pelajaran tentang karya - karya Newton. Hasil - hasil penelitian Euler, Lacriix, dan ahli - ahli matematika Eropa lainnya agak terabaikan. Untuk merubah cara berfikir seperti itu, Charles Babbage dan kawan - kawannya mendirikan perkumpulan Analitik.

Ditahun 1816, Charles Babbage Jhon Herschal dan rekan lainnya menterjemahkan dalil - dalil Lacroix pada kalkulus (suatu cara penting untuk memecahkan banyak sekali persoalan matematika). Kemudian ditahun 1820 mereka menerbitkan contoh - contoh tentang kalkulus diferensial dan integral. Saat mengerjakan karya inilah, Charles Babbage berpikir -pikir tentang kemungkinan penciptaan suatu mesin untuk membantu ketelitian dalam hitung - menhitung.

Charles Babbage menikah pada tahun 1814 dan sejak saat itu tinggal di London. Tetapi perkawinannya tidak bahagia. Ia begitu tekun pada pekerjaannya hingga tak pernah menjadi ayah yang baik. Dari delapan orang anaknya, hanya tiga orang yang berumur panjang. Lagi pula istrinya meninggal saat melahirkan anak terakhir pada tahun 1827.

Ditahun 1822, Charles Babbage membuat suatu model hitung yang bisa melakukan penjumlahan enam angka. Dengan keberhasilannya ini ia lebih bersemangat, dibuatnya rancangan untuk mesin yang lebih canggih "mesin diferensi" untuk menghitung rangkaian banyaknya angkah serta secara otomatis.mencetak pada kertas untuk menghindari kesalahan pemakainya.Charles Babbage berharaf dengan mesin itu, kesalahan dalam matematika serta penghitungan angka - angka astronomi bisa dihindarkan.

Tetapi ternyata mesin tadi tak kunjung selesai ketika saat yang ditentukan tiba. Hanya sebagian saja dari mesin tadi yang bisa dilihat orang. Desas desus tersebar bahwa Charles Babbage menggunakan uang pemerintah untuk kepentingan pribadinya. Isyu tersebut membuat perasaannya sangat tertekan.Terlebih lagi ketika beberapa waktu kemudian yaitu di tahun 1983, seorang pemimipin pekerjanya yang sangat ahli minta berhenti. Maka terlantarlah segala aktifitas pembuatan mesin itu.

Anatara tahun 1835 dan 1848 Charles Babbage mencoba membuat mesin kalkulator baru yang disebutnya mesin Analitik dengan menggunakan uangnya sendiri. Mesin inipun tak kunjung selesai sampai ia meniggal.

Penemuanya yang terkenal lainnya adalah heliograf . Alat ini digunakan untuk mengirim syarat dengan bantuan matahari. Juga ditemukannya opthalmoscope  alat yang dismpan saat ini digunkan untuk memeriksa bagian mata. Ia juga ahli dalam bahasa kode dan pada tahun 1832 ia menerbitkan buku dengan judul "Ekonomi perusahaan". Buku ini mengenai organisasi buruh dan tersebar sangat luas. Di tahun 1827 ia dipilih menjadi Profesor Lucasi matematika di Cambridge. Tetapu selama sepuluh tahun mas tugasnya ia takpernah sekalipun memberikan kuliah.

Charles Babbage memang sangat mudah tersinggung dan kurang pandai menyembunyikan perasaannya. Karena itulah ia tak disukai rekan - rekannya. Sir Royal Airy, ahli astronomi kerajaan, menyebut mesin buatan Charles Babbage sebagai "tipuan belaka". Charles Babbage membalas dengan menulis buku yang menyerang anggota - anggota terhormat dari Royal  Society. Ia memang terlahir terlalu cepat. Hanya dijaman komputer seperti inilah keinginannya untuk menciptakan perhitungan secara otomatis bisa diterima orang.









No comments:

Post a Comment